Segala Hal Tentang Buaya di Alam Liar

Kemampuan survival atau bertahan hidup dimiliki oleh semua jenis hewan, ada yang terbilang mereka mempunyai kemampuan yang sangat sungguh luar biasa tangguh. Salah satunya hewan yang bernama buaya ini. Mereka adalah salah satu hewan purba yang selamat dari bencana alam hebat yang terjadi pada Zaman dinosaurus.

Berikut adalah rangkuman kami tentang hewan yang satu ini.

Mahkluk Darat yang Mampu Bertahan Lama di Dalam Air

Buaya dapat bergerak di darat – dengan kecepatan yang mengejutkan, terutama ketika khawatir atau marah – tetapi tubuh mereka terutama beradaptasi untuk kehidupan di air. Lubang hidung, mata, dan telinga terletak di sepanjang bagian atas kepala sehingga hewan dapat mendengar, melihat, mencium, dan bernapas ketika bagian tubuh lainnya terendam.

Ketika benar-benar di bawah air, telinga ditutupi oleh lipatan kulit kecil yang dapat ditutup untuk membuat telinga kedap air. Lubang hidung juga dapat ditutup oleh otot khusus, dan mata memiliki ‘kelopak mata ketiga’ yang memberikan perlindungan saat menyelam.

Ada penutup tulang khusus di tenggorokan yang memungkinkan buaya makan saat tenggelam atau bernapas saat rahangnya terbuka di bawah air.

Buaya, sebagai reptil berdarah dingin, harus menghindari suhu yang ekstrem. Ketika cukup dingin, mereka beristirahat di tepi sungai, membiarkan matahari menghangatkan tubuh mereka. Selama bagian hari yang paling panas, hewan-hewan akan pindah ke tempat teduh atau air untuk mencegah tubuh mereka kepanasan.

Ringkasan

Keluarga: Crocodylidae

Distribusi: Madagaskar, Mesir dan Afrika tengah, selatan ke Namibia, Botswana dan Zimbabwe.

Habitat: Terutama sungai besar, danau, lubang air dan lahan basah; juga muara dan rawa bakau.

Ukuran: Rata-rata 3,5m, tetapi hingga 5,5m.

Deskripsi: Tubuh panjang berlapis baja dengan pelat tulang dipasang di kulit punggung; ekor panjang dalam, tungkai pendek dan tengkorak moncong panjang.

Umur: Usia lebih dari 56 tahun telah dicatat. Diperkirakan hidup 70 – 100 tahun. Beberapa telah hidup lebih lama. Setelah tinggal di Kebun Binatang Australia sebagai salah satu penghuni tertua, Mr Freshie adalah buaya air tawar yang hidup sampai 140 tahun membuatnya buaya tertua yang pernah dimasukkan ke dalam penangkaran.

Makanan: Mamalia, burung, reptil, ikan, dan bangkai.

Ada antara 5.000 – 6.000 spesies reptil di dunia saat ini, dan 23 di antaranya adalah buaya. Satu keluarga buaya termasuk buaya, aligator dan caiman – Crocodylidae; keluarga kedua, Gavialidae, hanya memiliki satu anggota – gharial atau gavial (buaya bermoncong sangat sempit).

Buaya adalah kerabat terdekat dinosaurus besar yang masih hidup dan mereka telah berubah sangat sedikit selama 150 juta tahun mereka hidup di Bumi!

Leave a Comment

Your email address will not be published.