Cheetah Sebagai Hewan Tercepat Dimuka Bumi

Dunia ini memiliki keberagaman hewan, mulai dari yang paling besar, paling kecil, paling berbahaya dan yang paling cepat.

Jika berbicara kecepatan, Cheetah lah yang menjadi nomor 1.

Sebagai Hewan Tercepat.

Dikenal sebagai hewan darat tercepat, cheetah (Acinonyx jubatus) adalah anggota keluarga kucing besar, yang meliputi harimau, jaguar, singa, macan tutul, macan tutul salju, dan puma. Nama mereka berasal dari kata Hindi “chita,” yang berarti “yang berbintik,” menurut buku “Cheetah: Biologi dan Konservasi” (Elsevier, 2018).

Dengan tubuh yang aerodinamis, kaki yang panjang, dan cakar yang tumpul dan semi-ditarik, cheetah adalah karnivora tangguh yang dapat berlari dengan kecepatan 60 hingga 70 mph (96 hingga 112 km/jam), menurut Smithsonian’s National Zoo & Conservation Biology Institute.

Tubuh Cheetah yang panjang dan ramping; kaki yang kuat; dan duri yang fleksibel memungkinkan mereka untuk sepenuhnya meregangkan tubuh mereka ketika mereka berlari dan untuk menutupi tanah yang signifikan – sekitar 20 hingga 22 kaki (6 hingga 6,7 ​​m) per langkah, menurut Kebun Binatang San Diego.

Cheetah diketahui dapat berakselerasi dari 0 hingga 45 mph (72 km/jam) hanya dalam 2,5 detik, menurut Smithsonian. Sebagai perbandingan, mobil tercepat di dunia dapat berakselerasi dari 0 hingga 60 mph (97 km/jam) dalam 3,5 detik, menurut Consumer Reports. Seperti yang dicatat oleh Guinness World Records, kecepatan puncak manusia tercepat di Bumi, Usain Bolt, adalah 27,34 mph (44 km/jam), yang ia capai dalam sebuah perlombaan pada tahun 2009. Itu berarti mustahil bagi seseorang untuk berlari lebih cepat dari seekor cheetah. berjalan kaki.

Cheetah dapat melakukan putaran cepat bahkan saat di udara, berkat ekornya yang panjang, yang mengimbangi berat badan mereka, menurut Kebun Binatang San Diego. Cakar semi-ditarik mereka, yang lebih seperti anjing daripada seperti kucing, memberikan daya tarik yang besar selama sprint dan perubahan arah yang tiba-tiba.

TAKSONOMI CHEETAH
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Mamalia
Ordo: Karnivora
Keluarga: Felidae
Genus dan spesies: Acinonyx jubatus

Leave a Comment

Your email address will not be published.