Penghuni Hutan Hujan Sumatera & Kalimantan

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, bahasan kali ini kita akan membicarakan seputar faunan yang terdapat di hutan hujan khususnya yang berada di Indonesia.

Pulai kalimantan dan sumatera mempunyai kawasan atau wilayah huja hujan yang di lindungi. Disana terdapat beberapa habitat fauna yang bisa Anda temukan.

penasaran ada fauna apa saja yang terdapat disana. simak ulasan kami berikut di bawah ini.

Belantara Hutan Borneo dan Hutan Sumatera

Pulau Kalimantan dan Sumatra di Asia Tenggara, yang terletak di Khatulistiwa, adalah rumah bagi beberapa hutan hujan paling beragam di dunia dan hutan utuh terakhir di Asia Tenggara. Borneo adalah pulau terbesar ketiga di dunia, meliputi area yang sedikit lebih besar dari Texas. Sumatera adalah pulau terbesar keenam di dunia. Iklim tropis pulau dan ekoregion yang beragam telah menciptakan habitat yang menampung ribuan spesies unik dan harimau Sumatera, orangutan, gajah Kalimantan, dan badak Sumatera yang tersisa di dunia. Sungai-sungai besar melintasi lanskap. Ini adalah jalur kehidupan pulau, menawarkan transportasi dan menyediakan kebutuhan air tawar bagi penduduk pulau.

Keanekaragaman budaya Kalimantan dan Sumatera berbeda dan beragam seperti kehidupan tumbuhannya. Lebih dari 60 juta orang tinggal di dua pulau ini. Mereka adalah campuran masyarakat adat dan pendatang dari pulau-pulau lain di Indonesia, seperti Jawa, serta negara-negara Asia lainnya. Populasi Borneo saat ini diperkirakan mencapai 18 juta jiwa. Sumatera adalah rumah bagi 50 juta orang dan merupakan pulau terpadat keempat di dunia.

Perubahan ekonomi yang cepat telah membawa pergeseran populasi dan mengancam cara hidup masyarakat yang secara tradisional hidup dari hutan. Budaya asli Borneo biasanya disebut secara kolektif sebagai “Dayak,” sebuah istilah yang mencakup banyak kelompok etnis. Sumatera juga merupakan rumah bagi berbagai kelompok etnis, termasuk Batak, Minangkabau, Krui, dan Pelalawan-Petalangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.