Harganya Ramah di Kantong, Kuliner nya Lezat dan Nikmat Yuk Mampir Ke Wonogiri

Secara geografis letak Kabupaten Wonogiri berbatasan langsung dengan Jogja-Pacitan dan Solo. Karena lokasinya, sangat strategis menjadikan Wonogiri cocok untuk tempat singgah para wisatawan. Namun tidak lengkap rasanya, jika singgah tanpa mencicipi kuliner khas yang beragam dan pastinya tidak akan membuat kantong Anda bolong.

Wonogiri merupakan kabupaten di Jawa Tengah yang memiliki beragam hidangan lezat. Namun tak hanya enak disantap, tetapi kuliner Wonogiri juga ramah di kantong. Apa saja ya kira-kira? Mari kita simak hidangan khas wonogiri yang wajib anda coba.

Bakso Wonogiri

Ingat Wonogiri pasti ingat bakso nya, kali ini kita akan sambangi bakso Titoti khas Wonogiri. Saking terkenalnya, bakso ini sudah membuka cabang di beberapa daerah loh. Dengan ciri khas kuah bening, namun kuat secara rasa karena terbuat dari rebusan tulang sapi membuat bakso Wonogiri terkenal hingga ke seluruh Indonesia.

Rasanya yang nikmat membuat tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Seporsi bakso special di banderol dengan harga Rp. 25.000 rupiah saja.

Belum kenyang makan bakso tenang saja itu baru pembuka, sebagai orang Indonesia belum makan Namanya kalua belum menyantap nasi. Tetapi disini belum sembarang nasi yang akan kita makan ini adalah nasi yang beda dari biasanya.

Nasi Tiwul Wonogiri

Nasi ini terbuat dari gaplek atau olahan singkong yang dikeringkan, kemudian dihaluskan harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp. 18.000 rupiah per porsi sudah termasuk lauk pauk. Menurut masyarakat sekitar, dahulu saat harga beras tak terjangkau mereka berinisiatif mencampurnya dengan singkong dan jadilah sego tiwul. Namun, sego tiwul kini menjelma menjadi hidangan dengankhas wonogiri yang terkenal dan mudah ditemui.

Sebenarnya, jika dilihat pada umumnya mirip dengan nasi campur pada umumnya. Tetapi yang membedakan karena nasinya ini dicampur dengan singkong yang dikeringkan jadi rasanya itu ada gurih-gurihnya plus lebih padat. Kalorinya juga lebih rendah cocok banget untuk Anda yang sedang diet harus mencicipi sego tiwul khas Wonogiri.

Wisata Sambil Kuliner Ria di Pantjoran

Wisata memang menjadi salah satu kegiatan yang mungkin sangat di butuhkan beberapa orang, mungkin Anda salah satu nya bukan?

Dimana ini bisa menjadi ajang pelepas penat setelah 5-6 hari bekerja.

Apalagi jika Anda memang bekerja di kota besar seperti Jakarta, pasti Anda sudah akrab dengan hiruk pikuknya bukan?

Salah satu objek berwisata kali ini masih bertempat di Jakarta.

Pantjoran namanya, terletak di kawasan PIK Jakarta utara. Menghadirkan suasana yang mungkin berbeda. Kawasan wisata yang satu ini menghadirkan nuansa ketika Anda mengunjungi pecinan.

Dimana, arsitektur dan gaya bangunan dibuat sedememikian rupa untuk membuat nuansa temapt ini sendiri menjadi lebih hidup. Khusunya tema oriental.

Apa saja yang bisa Anda dapatkan jika berwisata ke tempat yang satu ini?

Simak ulasan kami selengkapnya.

Wisata Sambil Menikmati Kuliner

Jika Anda salah satu penikmat kuliner sejati, maka tempat wisata ini bisa menjadi titik destinasi Anda berikutnya untuk berburu kuliner yang belum pernah Anda rasakan sebelumnya.

Apalagi jika Anda penggemar Chinesse food.

Panjtoran Pik ini adalah tempat yang bisa menyuguhkan tempat bernuansa oriental, tidak hanya itu. Lebih seru lagi jika Anda mencoba berfoto untuk mencoba eksis di sosmed.

Beberapa mural yang dilukis, bangunan serta suasana disni bisa menjadi spot foto yang tak kalah keren. Mungkin Anda serasa di bawa ke daratan China disana.

Untuk soal kuliner, Anda bisa menemukan berbagai masakan Cina dan Asian food lainnya. Seperti nasi lemak khas Singapore, Es kopi Malaysia, Choy fan dan masih banyak lagi masakan oriental yang bisa Anda temukan disini.

Tapi, mungkin jika Anda seorang muslim. Agar tetap teliti sebelum membeli makanan jika sedang berkunjung kesini. Tidak semua makanan disini non halal. Anda bisa menemukan restoran atau penjual yang bersetifikasi halal.

Jadi tenang saja, bahkan untuk tempat ibadah seperti masjid sekali pun tersedia di kawasan pantjoran ini.

Pantjoran Pik bisa menjadi destinasi wisata dan kuliner yang menarik untuk Anda. Apalagi jika Anda memang warga asli Jakarta. Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar kota untuk berwisata bukan?

Selamat berwisata.

Pemanis Buatan Sering Di Cap Buruk untuk Kesehatan 

Siapa disini yang senang dengan makanan yang manis-manis, tentunya olahan yang manis ini sering kali memakai pemanis buatan. Dibalik rasanya yang manis, pemanis buatan sebaiknya perlu dihindari untuk asupan makanan. Banyak sekali beberapa fakta seputar pemanis buatan yang jarang kita ketahui. 

Sebagian besar masyarakat Indonesia, makanan dan minuman manis sangat melekat di lidah hampir disukai oleh banyak kalangan baik itu tua, muda, dewasa apalagi anak-anak. Sayangnya rasa manis yang dirasakan tidak semanis dengan efek samping yang ditimbulkan. Banyak sekali produsen memberikan pemanis buatan sebagai cita rasa tambahan atau perasa seperti perasa buah-buahan dan lain sebagainya. 

Pemanis buatan bisa menjadi salah satu penyakit diabetes, dan penyakit yang disebabkan oleh asupan gula. Namun, selain pemicu penyakit di dalamnya banyak sekali fakta didalamnya yuk kita simak ulasan berikut ini. 

Perbedaan Pemanis Buatan dan Pemanis Alami 

Kebanyakan Pemanis buatan biasanya disebut dengan pemanis non-nutrisi, hal ini dikarenakan nutrisi yang terkandung tidak ada sama sekali. Lantaran produk pemanis didominasi oleh kandungan kalori saja. Beda hal nya dengan pemanis alami seperti gula putih yang terbuat dari tebu dan gula merah yang terbuat dari aren. 

Namun, ternyata ada juga produk pemanis buatan yang mengandung nutrisi seperti aspartam. Aspartam ini banyak digunakan pada makanan dan minuman kemasan. Ketika digunakan dalam jumlah sedikit, kadar manisnya mencapai 200 kali daripada gula. 

Rawan Pemicu Penyakit Jantung 

Pada penelitian, tahun 2019 ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi 680 gram pemanis buatan mengalami peningkatan risiko penyakit jantung sebanyak 35%. Tak hanya itu ada juga ancaman peningkatan 26% risiko stroke dan 19% kematian dini. Penelitian ini langsung dari riset dan kebiasaan partisipan, tanpa menyesuaikan kebiasaan serta pola makan. 

Tidak Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang gemar mengkonsumsi pemanis buatan, hal ini bisa memicu obesitas dan berat badan secara meningkat. Hal ini juga diperkuat dengan penelitian terbaru tahun 2020 yang menunjukkan bahwa meminimalisir konsumsi pemanis buatan lebih baik untuk menurunkan berat badan. 
 
 
 
 

Serunya Berwisata Akhir Pekan ke Taman Nasional Komodo

Siapa yang tidak bermimpi melihat naga setidaknya sekali dalam hidup mereka? Komodo di Indonesia bukanlah makhluk mitos, namun mereka adalah hewan yang ganas dan mematikan. Tingkat populasi nya juga sudah mulai sedikit, seiring dengan perkembangan zaman hewan yang satu ini harus tetap di lestarikan habitatnya.
Taman Nasional Komodo, meruapakan sebuah situs Warisan Dunia UNESCO, meliputi lima pulau utama dan beberapa pulau kecil, serta wilayah laut di sekitarnya. Perairan dari pulau-pulau ini adalah beberapa yang terkaya dan paling beragam di dunia. Indonesia meruapakan Negara dengan keaneka ragaman yang banyak mulai dari flora maupun fauna.
Jika kalian sedang ada waktu luang bersama keluarga, kerabat, pacar maupun teman terdekat tidak ada salahnya untuk mengunjungi kawasan wisata Taman Nasional Komodo. Berikut alasan mengapa kalian wajib datang kesini.


Bisa Lebih Dekat Melihat Komodo

Komodo sering dijadikan bintang pertunjukan pada setiap kunjungan ke taman nasional ini, tetapi pengunjung juga dapat mendaki, snorkeling, naik kano, atau mengunjungi desa-desa kecil di pulau. Pilihan lainnya adalah Pantai Pink di Pulau Komodo. Hamparan pasir merah muda ini merupakan salah satu pantai terbaik di Indonesia.
Pengunjung harus datang dengan perahu ke pulau-pulau, dan ada biaya masuk ditambah biaya tambahan untuk transportasi, layanan pemandu, dan kegiatan lainnya.
Kalian bisa lebih dekat melihat habitat hewan yang satu ini, kalau biasanya kalian hanya bisa melihat di foto maupun televisi. Kali ini kalian bisa leluasa melihat dan mendokumentasi kan momen-momen saat di sini.

Surganya Diving Kelas Dunia

Banyak sekali wisatawan domestik dari berbagai manca negara mengunjungi wisata ini. Selain bisa melihat komodo secara lebih jelas, kalian yang gemar diving atau menyelam ke dasar laut bisa mencoba berkunjung ke sini. Selain di manjakan dengan fauna laut di dalamnya, kalian juga bisa mencicipi makanan khas laut disini.
Eksotisme daratan di Taman Nasional Komodo berpadu secara sempurna dengan keindahan lautnya begitu memesona.

Yuk Cicipi, Bacitul Kuliner Khas Asal Garut yang Populer

Siapa sih yang belum pernah berkunjung ke Kota Garut? selain penghasil kuliner tradisional berupa dodol, Kota ini juga terkenal akan kuliner khas daerahnya yakni Bacitul. Bacitul sendiri merupakan singkatan dari Bakso Aci Tulang, hampir di setiap home industri banyak memproduksi kuliner satu ini.
Belum lengkap rasanya jika Anda belum mencoba makanan Bakso Aci Tulang, selain rasanya yang gurih Bacitul sendiri cocok untuk dijadikan teman makan maupun di santap langsung. Olahan ini terbuat dari tepung tapioka dan bumbu rempah-rempah yang membuat cita rasa makanan khas, unik dan cocok di lidah selera masyarakat Indonesia.


Enak Disantap Ketika Bersantai


Makanan yang satu ini hampir sama dengan bakso pada umumnya, hanya yang membedakan adalah kuahnya tidak memakai kuah kaldu. Tidak hanya kalangan anak muda, dewasa serta orang tua pun juga sangat menggemari makanan yang satu ini. Apalagi disajikan ketika berkumpul bersama sanak keluarga terdekat.
Kuahnya yang begitu khas ditambah toping tulang yang menggugah selera, siapa sih yang tergiur dengan makanan yang satu ini. Belum lengkap rasanya jika tidak ditambah sambal, apalagi ditambah toping yang bermacam-macam seperti: siomay kering, otak-otak, kerupuk udang, dan masih banyak lagi.


Sangat Praktis untuk Diolah


Bakso Aci Tulang sangat mudah disajikan, Anda hanya perlu menyediakan air panas untuk menyeduh baso aci. Bumbu-bumbu di kemas secara terpisah kemudian, Anda hanya perlu menambahkan bumbunya kedalam mangkuk sesuai selera. Selain itu bisa pula menambahkan daun seledri, bawang goreng dan jeruk limau.
Anda tidak perlu repot-repot membuat baso aci tulang secara mandiri dengan biaya yang lumayan besar . Sekarang banyak penjual di market place maupun online menyediakan bacitul.
Demikianlah artikel seputar kuliner makanan khas Kota Garut yakni Bacitul, semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta memberikan informasi yang bermanfaat bagi kita semua. Akhir kata penulis mengucapkan Terima kasih Banyak, sampai jumpa di pembahasan artikel selanjutnya.